Belum habis

: Th

Kepalaku adalah suar yang mungkin tak pernah kamu semogakan;

-koyak ditebas rasa bersalahmu

Sedang kamu menggagu pada tiap rumit yang aku selesaikan

 

Tenangmu hanya butuh kesederhanaan,

Padahal punggungku adalah labirin yang tersesat ditelan lampau

Menggali yang dulu pernah kobar

 

Mungkin benar begini mestinya:

Kita saling memeluk dengan hulu

Bernapas batas

Dan segera habis dalam titimangsa.

Advertisements

Tentang melamun

Saya manusia normal. Saya ingin dianggap biasa dan terkadang mau dinilai beda. Saya akan berpura-pura semangat ketika pagi dan menangis kecil sebelum tidur hanya karena teringat cerita-cerita yang belum selesai. Saya kerap berpikir untuk menyerah ketika saya lelah. Saya juga mau menjadi terkenal karena sebuah karya. Saya juga manusia, yang juga, suka melamun.

Tak punya pekerjaan tetap belakangan ini membuat melamun menjadi kegiatan yang menyenangkan buat saya. Melamun adalah sebuah eskapisme yang karenanya saya tak menjadi seserius para politikus, tak sesedih tokoh pria dalam buku Olenka, pun tak sebercanda Tukul Arwana. Ia tak membutuhkan apa dan siapa. Ia menjadi batas antara, yang bisa menyadarkan saya bahwa untuk merayakan kehidupan adalah dengan membuat proyeksi sejenak di luar realita.

Saya bisa membayangkan apa saja. Membuat cerita tentang keluarga saya sepuluh tahun ke depan sampai membayangkan Donald Trump menjadi Donald Duck, karena jangan-jangan pilpres kemarin itu cuma fiksi. Ia juga bisa menghadirkan kenangan tengik dan rencana absolut selama satu hari ke depan. Melamun membuat saya mengingat sekaligus melupakan. Ia adalah aktivitas yang sungguh paripurna untuk dilakukan di mana saja; di rumah, di kamar mandi, di commuterline, di bus transjakarta, di mall, di taman kota.

Satu hal; melamun tak harus memikirkan sesuatu, apa yang juga saya senangi adalah melamun tanpa memikirkan apa-apa. Kosong. Tiba-tiba saya menjadi manusia paling subtil sealamsemesta. Melamun tanpa perlu melibatkan neuron di kepala. Waktu saya berhenti. Kehidupan saya terspasi. Wah, menjadi kosong karena tak memikirkan apa-apa ketika melamun adalah pengalaman paling menakjubkan. Serius.

Mungkin saya gila, atau sudah gila. Siapa yang gila? Siapa tau mereka yang gila adalah waras dan yang waras adalah yang sebetulnya gila. Karena ada peneliti yang bilang kalau melamun berlebihan itu termasuk kelainan yang disebut maladaptive daydreaming. Tapi Freud bilang melamun wajar saja, karena itu termasuk salah satu cara untuk meredakan konflik. Dan manusia mana yang tak punya konflik? Lagipula melamun hanya saya lakukan ketika saya sendirian. Daripada terus menerus terjebak oleh kegiatan repetitif seperti baca buku, menonton film, membuat puisi, atau basa-basi dengan orang asing, lebih baik saya berkecimpung dengan kepala dan fantasi saya sendiri. Melamun.

Jangan hilangkan pekerja seks perempuan

Saya pernah berkenalan dengan beberapa anak yang ibunya menjadi pekerja seks, dengan perempuan muda yang juga memperdagangkan vagina, pun saya punya beberapa teman yang menjajakan tubuhnya untuk dinikmati lelaki ketika malam hari, biarpun teman saya ini lelaki juga, tapi toh pekerjaannya sama. Berkenalan dengan para pekerja seks tersebut membuat saya berpikir ulang tentang siapa aktor di balik eksistensi pekerjaan tersebut, yang tak lain dan tak bukan adalah laki-laki. Ya walau ada juga istilah gigolo untuk para tante, tapi biarkan saya membahas pekerja seks perempuan, tidak muluk-muluk ya karena saya juga terlahir sebagai perempuan.

Banyak sekali yang bilang kalau pekerja seks perempuan lahir dan terus merajalela karena patriarki selalu ada; karena perempuan adalah subordinat, perempuan adalah budak seks, bahkan sang filsuf Aristoteles bilang bahwa perempuan itu setengah manusia. Teman-teman bisa cari tau sendiri mengapa patriarki dihubungkan dengan prostitusi yang menjual tubuh perempuan, karena saya mau beropini sebaliknya. Sederhananya adalah saya ini manusia, yang tentu ingin dibedakan dengan manusia lain dan bagaimana cara saya untuk mencapai itu adalah dengan berbeda dalam cara berpikir. Ya, biar jadi hipster aja, gitu. Heu.

Bahwasanya menurut pikiran absurd saya ini, keberadaan pekerja seks perempuan justru membantu menguburkan patriarki. Bahwasanya, tak semua pekerja seks perempuan akan menjadi budak ketika bersenggama, some of them malah menjadi sebaliknya, berada di atas lelaki dan menguasai tubuh mereka. Seks adalah sebuah perilaku sadar, dan tak sedikit dari mereka yang mengatakan kalau perempuan hanyalah objek untuk memuaskan nafsu laki-laki. Namun, bukankah banyak juga perempuan yang sudah memberi alarm penyadaran atas kegiatan seksual tersebut? Di zaman yang sungguh menyenangkan nan brengsek ini, setiap individu mulai terbuka untuk menjadi manusia, termasuk memahami bagaimana mereka mencapai kenikmatan melalui tubuhnya, dengan hasrat, karena begitulah utuhnya menjadi manusia kalau menurut Foucalt lewat eksistensi estetika.

Dalam konteks pekerja seks perempuan, mereka akan melakukan transaksi dengan si lelaki dan mungkin si perempuan akan memberikan harga yang paling tinggi. Tak semata-mata karena ia butuh uang, tapi ia juga punya hak untuk merasakan kenikmatan yang sama dengan si lelaki. Bahkan beberapa kenalan saya menyebutkan, mereka menjajakan diri karena butuh ngeseks, karena itu adalah kebutuhan dari naluri kebinatangan yang ada pada tiap masing-masing individu. Karena seks dalam Kama Sutra, adalah juga tentang merasakan. Tentang menyaksikan dan menyentuh keindahan dari intensitas relasi tubuh, begitu menurut tulisan Saraswati Dewi.

Di atas ranjang, saya bisa menegasikan pernyataan para patriark bahwa perempuan cuma bekerja sebagai alat. Not anymore, honey. Di zaman ini, tak sedikit lagi perempuan yang justru bisa menguasai laki-laki. Terutama bagi para pekerja seks perempuan yang sudah cekatan mengenali titik-titik skrotum yang bisa membuat laki-laki tegang, setelah itu, adalah penguasaan tubuh dari perempuan. Mengapa selama ini pria menggunakan jasa pekerja seks perempuan karena mungkin apa yang pria dapatkan dari mereka adalah keindahan tubuh dan kepuasan menciptakan rangsangan. Mungkin itu salah satu pengurangan nilai tubuh bagi perempuan, namun, kalau boleh ditelisik secara tersirat, dengan cara itulah perempuan bisa memudarkan nilai patriarki yang mengatakan kalau pria memegang kontrol penuh atas wanita ketika bercinta.

Brhadaranyaka Upanisad, sebuah teks dalam filsafat hindu menjelaskan tubuh perempuan merupakan altar suci para dewata; bahwa di dalam tubuh perempuan bersemayam kemisteriusan serta kesucian para dewata. Tubuh perempuan dianggap sebagai ruang bagai ritus suci, sebuah upaya untuk merasakan keindahan ketika menyatukan dua tubuh yang penuh hasrat. Sekarang mungkin saya juga jadi paham bahwa pernyataan ‘cowo mah kalo lagi sange disuruh apaan juga mau’ kadang ada benarnya, karena lagi, menurut filsafat hindu, orgasme diilustrasikan sebagai kehadiran Prajapati atau Tuhan yang karenanya bisa mengendap dan mengikat tubuh tersebut dalam kesadaran yang sublim.

Pada saat-saat seperti itulah, lagi, di ranjang, perempuan punya peran besar untuk mengatur tubuh laki-laki, dan memusnahkan patriarki, setidaknya menghilangkan patriarki privat menurut Sylvia Walby karena mengubur patriarki publik hanya bisa dilakukan dengan cara yang lamban. Sementara kehadiran pekerja seks perempuan, adalah salah satu cara untuk sejenak menggaungkan kesetaraan dalam aktivitas bercinta.

Jangan heran juga apabila pejabat di luar sana rela membayar berapapun kepada pekerja seks karena mereka tau perempuan tersebut bisa menggunakan tubuhnya dan menciptakan rangsangan dengan baik, dan perempuan itu bisa memanfaatkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa dirugikan. Itu semua tak lepas dari kontrol dan penguasaan perempuan dalam bersenggama. Karena kembali lagi ke konsep utama, bahwa semua manusia itu binatang, apalagi ketika bercinta. Mereka liar. Mereka sudah masuk ke batas antara fiksi dan realita, dan karenanya, manusia bisa gila karena bercinta.

Terakhir, dari pemikiran saya di atas saya mau minta maaf apabila saya tak menyebutkan data, karena ini hanya pikiran asal-asalan yang disambungkan dengan pengetahuan saya yang masih seupil. Dan, saya mau menegaskan kalau Kama Sutra bukan bacaan porno, otak kalian aja yang porno. Wkwkwkwk. Sekian.

Selamat hari santri!

nf

Ternyata kemarin itu hari santri nasional. Menurut KBBI sih, santri adalah mereka yang bersungguh-sungguh belajar mendalami agama islam. Kalau begitu banyak sekali santri di muka bumi ini dong ya, even dia belum memeluk agama islam sama sekali. Tapi kali ini saya mau memaknai santri sebagai mereka yang mempelajari islam di sebuah insitusi, supaya nyambung dengan apa yang bakal saya tuliskan di bawah.

Percaya atau gak, saya pernah jadi santri di sebuah sekolah bernama Nurul Fikri Boarding School. Namanya doang keren pake Boarding School, padahal mah sama aja kayak pesantren. Letaknya di Banten, rada deket pantai tapi di tengah hutan, beneran lu-lu semua gak akan bisa kabur kalau sekolah disini (Tapi saya pernah kabur, sekali. Hehehe). Iyak benar, orang kaya saya emang gak akan pernah kepikiran bakal diletakkan di pesantren selama tiga tahun kalau bukan karena dipaksa. Mama sama Bapak saya mungkin kesal ngeliat anaknya waktu SMP kerjanya keluyuran dan gak pernah dapat ranking, sholat sekali sehari juga udah alhamdulillah kali.

Jadilah saya dipaksa ikut tes. Saya gak belajar sama sekali dan jawab asal-asalan ketika waktu tes wawancara, saya sampe bilang “saya gak mau sekolah disini. Saya disuruh” ke si pewawancaranya dengan muka super asem. Tapi saya gak tau semesta maunya apa sampai akhirnya saya bisa diterima. Saya cuma bisa berdoa kalau bapak saya mungkin akan berubah pikiran , tapi ternyata enggak. Seorang anak super pemalu dan gak bisa jauh dari rumah kayak Chenia harus tinggal di pesantren. Wow. Bayangan saya tentang jadi anak gaul yang sering ke mall dan bakal punya pesta meriah di ulangtahun ke-17nya harus pupus saat itu juga.

Tahun pertama isinya nangis-nangis semua. Minta pulang. Sakit. Ngambek. Nangis. Dan gak lupa pake seribu umpatan setiap kali ada temen smp yang nanya “lo masih sekolah di NF?”. Saya bahkan sempet nulis status di facebook supaya sekolah yang bernama NF itu bisa musnah. Hahahaha. Lucu juga. Ya bayangin aja, anak remaja yang katanya sedang giat mencari jati diri itu dilarang menggunakan handphone padahal lagi seneng-senengnya. Gak boleh nonton tv. Dijauhkan dari internet. Harus pakai kerudung yang panjangnya di bawah ketiak. Dan bakal dihukum kalau ketauan ngomong Gue, Lo, Anjir, atau segala macam bahasa gak sopan yang padahal lagi dianggap gaul pada zamannya.

Saya stress berat. Saya sampe menghalalkan segala cara untuk mendapatkan surat peringatan sebanyak tiga kali supaya saya dikeluarkan. Tapi ya, ternyata sampe saya lulus saya cuma dapet SP 2, padahal pelanggaran yang saya lakukan sungguh banyak bukan main, mungkin bisa dibikin buku kalau saya ceritakan semua.

Tahun kedua masih pingin pindah. Tapi udah ada pikiran kecil macem “yaudahlah kalo gak pindah juga gapapa”. Dan saya gak pernah berhenti buat membujuk orangtua supaya saya dipindahkan walau saya tau itu sia-sia. Saya mencoba segala macam cara supaya betah, termasuk berhubungan dengan lelaki yang cuma bisa dilihat kalau ada acara gabungan, itu juga cuma berani lirik-lirik karena masih malu. Di tahun ini saya sudah belajar banyak tentang pertemanan. Saya mulai mengenal teman-teman angkatan dengan baik, menjadi telinga dan memberi lidah dalam rangka memahami mereka lebih dalam. Ternyata tinggal di asrama tidak seburuk awalnya.

Tahun ketiga sempet kepikiran masih pingin pindah, dengan pasrah yang lebih banyak dan setengah ikhlas karena berpikir “ah tinggal setaun lagi”. Di tahun ini yang segalanya berhubungan dengan universitas dan ujian nasional, saya mulai ikut-ikutan teman untuk rajin merayu Tuhan dengan berbagai cara. Rajin ikut sholat berjamaah di masjid, rajin sholat dhuha, qiyamul lail, tilawah, tahfidz, dan liqo. Saya jarang minta pulang. Saya mulai menemukan apa yang selama ini seharusnya saya cari. Di awal tahun ketiga saya sudah merasa nyaman hingga ketika saatnya saya pulang, saya menangis kencang. Saya paham kenapa orangtua saya meletakkan anaknya di sebuah pesantren di tengah hutan. Saya gak mau pergi karena menjadi santri ternyata semenyenangkan dan sebikin-nyaman itu.

Terus kenapa saya cerita ini? Gapapa. Tiba-tiba kangen aja. Saya kangen kehidupan asrama dimana kebahagiaan bisa didapat dengan cara yang sungguh sederhana. Nyanyi sambil teriak-teriak di halaman dalem, bikin seblak di panci super besar, atau ngeliat Husna sama Libong mempraktekkan jurus tapak suci. Nebeng mobil penanting. Bolos kelas tahfidz dan ke nufi mart di hari tholib supaya bisa ngeceng cowo-cowo. Makan ayam Bu Aah. Kalau sekarang ada yang nanya “emang enak tinggal di pesantren?” saya bakal jawab dengan lantang “ENAK BANGET!”.

Saya gak nyesel saya gak punya handphone atau gak update berita saat itu karena ada kultum-kultum yang bikin bulu kuduk berdiri ketika disampaikan waktu apel pagi. Saya gak nyesel saya gak pernah ke mall atau tempat-tempat hits kala itu karena cekdam, kantin, kursi madol, atau nufi mart udah bisa bikin saya super senang. Saya gak nyesel gak aktif main facebook atau twitter atau ym waktu itu karena saya punya teman-teman yang bakal mendengarkan langsung semua cerita-cerita saya. Saya juga gak nyesel gak punya pesta meriah di ulangtahun ke 17 karena disiram pake air cekdam pake telor pake tepung di halaman dalem udah bikin saya selalu tersenyum ketika diingat-ingat.

Pengalaman saya mungkin beda jauh sama mereka yang gak sekolah di asrama. Saya pernah disuruh jalan jongkok gara-gara terlambat semenit ke masjid, pernah disiram air seember pas lagi pake mukena gara-gara kebanyakan absen sholat berjamaah, pernah dihukum gara-gara sering ketauan ngomong kasar, pernah jadi teteh dapur dan diskors selama 3 hari karena ketauan pacaran. Cerita-cerita itu emang aneh sih, tapi percayalah, sampe sekarang saya hidup, pengalaman 3 tahun menjadi santri itu adalah pengalaman yang paling seru.

Saya bisa punya teman angkatan sebagai keluarga yang selalu ada sampe sekarang, saya punya pengalaman surat-suratan terus dititip ke abang Cleaning Service buat tau kabar sang pacar di seberang, saya punya jaringan alumni yang luas dan sungguh bermanfaat. Dan terpenting, saya punya banyak cerita seru yang bisa saya sampaikan untuk anak saya nanti! Hahahahaha.

Makanya, ketika banyak orang anti terhadap gagasan full day school, saya agak santai aja karena sebagai salah satu korban sekolah full day school selama 3 tahun, saya sama sekali gak merasa dirugikan. Walaupun beda konteks, ya.

Intinya, saya kangen jadi santri. Realita tak pernah seindah saat masih sekolah di asrama. Apalagi pas udah lulus dan semakin paham kalau manusia di luar sana belum tentu sebaik tholibah angkatan 8 SMA. Duh gusti, boleh saya jadi santri di Nurul Fikri lagi?

Tentang buku kesukaan

Sebagai seseorang yang kadang suka gak kuat iman kalau masuk toko buku, apalagi kalau liat tumpukan sastra indonesia, saya merasa agak gimana gitu aja kalau saya gak punya buku kesukaan. Sejauh ini saya memang punya, dan, mumpung kerjaan saya sekarang cuma bantuin mama di rumah sambil menerapkan hidup sehat (cih), jadi ya boleh lah saya tuliskan supaya kalau saya tua nanti, saya bisa ingat kalau beberapa buku di bawah ini setidaknya pernah mempengaruhi pikiran hidup saya;

Novel:

  1. Okky Madasari-Pasung Jiwa.

Saya ingat betul sebelum membaca buku ini, pikiran saya seringkali dihinggapi pertanyaan macam kenapa di dunia harus ada aturan? Bagaimana jika saya punya nilai dan norma sendiri? Kenapa saya sering merasa terkungkung dengan pikiran orang lain? Saya yang kerap berpikiran lebay saat itu entah kenapa tiba-tiba membeli buku berjudul Pasung Jiwa dan menyelesaikannya hanya satu hari, dengan membawa beberapa jawaban dari pertanyaan saya di atas. Saya gak mau jadi spoiler, tapi buku ini berhasil memberikan pandangan mengenai kebebasan, ketakutan, dan hak asasi manusia. Sama seperti novel-novel mba Okky sebelumnya kayak Maryam dan Entrok yang juga fokus terhadap hak asasi, namun buku ini sungguh kompleks dan dekat, setidaknya menurut saya. Pokoknya, ini buku terbaik selama 4 tahun terakhir saya membaca sastra indonesia modern. Iya, iya, saya subjektif sekali memang, tapi, namanya juga selera, kan?

  1. Eka Kurniawan-O

Iya, ini buku memang baru keluar beberapa bulan lalu. Tapi menurut saya, novel Eka yang satu ini patut diberikan seribu jempol. Terakhir saya membaca ketiga novel maz Eka sebelum ini, saya gak merasa puas-puas amat tetapi di buku ini, Eka benar-benar bikin saya berpikir ulang tentang hidup. Saya pikir cerita ini bakal mirip-mirip dengan Animal Farm nya Orwell, tapi ternyata Eka tetaplah Eka, dengan gaya berceritanya yang khas. Buku ini bikin saya lupa makan, lupa nonton tv, lupa ngecek hp. Hahahaha. Bahwa setiap ada yang di bumi ini akan terus berputar dan memiliki tautan, begitulah O. Terbaik di tahun ini.

  1. Tere Liye-Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Siapa yang gak kenal penulis alim ini? Yang pernah dihujat di media sosial karena teori-teorinya yang dianggap berlebihan dan gak relevan sama perkembangan jaman. Gara-gara statusnya di facebook, ia jadi punya banyak haters. Hiks. Tapi gapapa, saya tetap suka beberapa bukunya. Tere Liye, adalah salah satu penulis yang bikin saya jadi doyan baca. Kemarin waktu angkut-angkut barang dari kosan, saya menghitung ulang ternyata saya punya 12 buku karya Tere Liye. Banyak sekali. Tapi, sesuai ciri khasnya, Tere Liye yang sering menceritakan hal-hal sederhana berhasil membuat saya berkaca pada diri saya. Dalam buku ini, Tere Liye menyadarkan saya kalau pertanyaan terhadap hidup kita adalah jawaban dari kehidupan orang lain. Tuhan selalu punya rahasia dan mungkin pilihan terbaik adalah dengan tidak mengetahui rahasia itu.

Cerpen:

  1. Jakob Soemardjo-Setan dan Perempuan

Bapak Jakob yang jarang-jarang membuat kumcer ini ternyata brilian sekali. Ia mengupas habis tentang eksistensi, persepsi, dan hak asasi. Cerpen-cerpen di dalamnya mengungkapkan apa yang kerap dipikirkan orang-orang namun abai untuk diungkapkan. Ia membuat saya berkali-kali bilang “gila!” ketika selesai membaca cerita-ceritanya. 10 dari 10.

  1. Oka Rusmini-Akar Pule

Oka benar-benar menulis dari sudut pandang perempuan. Lewat ceritanya, ia menceritakan hal-hal berbau feminisme, karena perempuan sering sekali disudutkan oleh budaya bernama patriarki. Dengan gaya menulis yang berima dan indah sekali, menjadi salah satu alasan mengapa saya menyukai buku ini.

  1. Agus Noor-Memorabilia dan Melankolia

Buku ini mungkin biasa-biasa saja, beberapa ceritanya punya alur yang mudah ditebak. Namun terkadang, kebahagiaan lahir dari hal-hal sederhana, kan? Entahlah, saya merasakan Agus Noor menulis cerita-cerita ini dengan segenap emosinya, sehingga menular kepada mereka yang membacanya. Cerita-ceritanya sungguh dekat, wajar, namun bikin terkesan. Bahkan mungkin beberapa dari kita pernah mengalaminya, sehingga membacanya membuat kita memutar ulang memori dalam kepala.

Saya kira itu. Keenam buku tersebut adalah buku indonesia yang sungguh-sungguh saya suka. Bukan berarti di luar itu adalah jelek. Buku adalah masalah selera dan juga, emosional. Hahaha. Oya, saya gak menyebutkan sama sekali penulis juwara indonesia macam Pram, Sindhunata, Danarto, HB Jassin, Armijn Pane, ya? Saya baca juga kok, dan, bukan main memang ceritanya. Itu sih gak usah diragukan lagi lah ya. Mereka terbaik dari yang terbaik. Tapi, yang saya tulis di atas adalah mereka yang berpengaruh pada neuron-neuron di kepala saya ini. Yang bikin saya gak bisa tidur karena kepikiran sama ceritanya. Yang bikin saya mau baca lagi tanpa harus merasa bosan. Yang buat saya jatuh cinta.

Duh, begitulah pokonya. Kalau teman-teman ada rekomendasi, mungkin kita bisa bertukar pikiran. Sekarang saya sedang mencoba menggali sastra-sastra luar seperti edgar allan poe, fyodor dostoyevsky, atau Gabriel Garcia Marquez. Semoga saya cocok. Lah.

Mendidik

Saya senang pada hal-hal berbau anak-anak. Berbau remaja. Berbau ajar-mengajar. Bahkan, salah satu cita-cita saya setelah lulus kuliah adalah menjadi pengajar muda Indonesia Mengajar. Mari diaminkan dulu. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin. Karena saya—beserta beribu-ribu manusia lain di negeri ini—sepakat bahwa pendidikan adalah salah satu cara untuk membuat sang saka menjadi sejahtera.

Kini, isu pendidikan sedang mencuat ke permukaan. Salah dua pendidik di negeri ini diadili karena ketahuan mencubit muridnya hanya karena muridnya tidak mau melakukan solat dhuha. Mungkin terlihat sepele, ya. Tentu buat beberapa anak zaman dulu seperti ibu atau bapak saya, atau mungkin  teman-teman saya, dicubit atau ditampar atau telapak tangannya dipukul rotan ketika melakukan kesalahan atau tidak melakukan kewajiban seperti beribadah, adalah hal biasa. Beberapa anak dididik keras seperti itu dan tak sedikit dari mereka yang merasakan keberhasilan didikan keras tersebut. Makanya, banyak sekali yang menanggapi peristiwa ini dengan “halah, anak manja!” “guru itu kan mencubit dalam rangka mendidik” “kemerosotan nilai pendidikan, orang tua nya lebay!” dan lain sebagainya.

Baiklah, mari saya bicarakan perspektif yang lain. Saya pernah mengajar satu tahun di sekolah dasar, pernah mengajar satu tahun di PAUD, serta bertemu dengan anak-anak dan remaja dalam versi yang berbeda seperti menjadi kakak pembimbing pesantren ramadhan, mewawancarai anak-anak untuk sebuah program, dan menjadi kakak dari adik saya sendiri. Saya akui saya memang bukan ahli pendidikan, tapi dari kegiatan-kegiatan di atas, saya belajar bahwa untuk mendidik seorang anak, saya tidak perlu menjadi tua. Yang harus saya lakukan adalah menjadi sejajar. Menjadi teman.

Jika memang seorang anak tersebut ‘nakal’ (walaupun definisi nakal pada anak ini tidak adil sekali karena siapa sih yang sebenarnya nakal? Anak-anak, atau kita yang nakal karena tidak bisa memberi contoh? Bukankah anak-anak adalah imitator dari orang tua dan lingkungan sekitarnya?), haruskah mencubit, memukul, menampar, menjadi solusinya? Tak bisakah seorang guru menjadi teman bercerita? Menjadi pengingat yang baik dalam melakukan kebaikan? Tak bisakah seorang guru berbicara dari hati ke hati kepada muridnya? Tak bisakah kita turunkan panggilan guru dengan teman belajar?

Saya pernah mengajar di kelas yang sebut beberapa guru, anaknya ‘buandel-buandel’, bahkan sebelum masuk kelas tersebut untuk pertama kali, saya diperingatkan untuk berhati-hati. saya pikir ‘ini anak-anak apa ranjau, sampe harus dihati-hati in?’ dan bagaimana saya untuk mengatasi mereka adalah dengan menjadi teman. kalian bisa baca selengkapnya di  https://jatinangoreducationcare.wordpress.com/2015/11/10/kelas-suka-suka/. Saya juga pernah berurusan dengan anak umur 4 tahun yang sudah pernah mencoba rokok, dan kata gurunya, ia sering memukul temannya. Apakah saya marahi ia? Apakah saya cubit, saya pukul ia? Tidak. Saya ajak ia bercerita, saya respon semua pernyataannya dengan pertanyaan seperti “oya? Terus rokok enak gak rasanya?” dan ternyata semua perlakuan itu datang dari kekerasan di kedua orang tuanya. ia bercerita panjang lebar pada saya bagaimana ayahnya sering memukul ibunya dan bagaimana ibunya sering memukulnya. Saya sadar, karena kesejajaran itulah setiap anak menjadi terbuka dan tidak takut untuk mengemukakan masalah karena, anak-anak tidak pernah butuh dinilai. Mereka butuh didengarkan. Dan dari proses itu, guru bisa bekerjasama dengan orangtua ataupun keluarganya, karena, keluarga masih menjadi pilar utama dalam mendidik anak, kan?

Mungkin, anak-anak yang sering disebut-sebut ‘nakal’ itu adalah mereka yang tidak pernah didengarkan di rumah, dan ketika mereka sampai di sekolah, tidak ada juga yang bisa mendengarkan mereka. Pada akhirnya, terkadang, merokok, tawuran, narkotika, menjadi alat untuk melampiaskan keresahan-keresahan mereka.  Kalau kata Puthut Ea, mereka, anak-anak yang dicap buruk itu, adalah korban.

Lagipula, kan tak semua orang tua pernah melakukan tindak kekerasan kepada anaknya. Jelas toh, ketika gurunya mencubit mereka, orang tua tersebut akan marah karena didahului haknya?  (alah, tau apa saya tentang hak). Yang pasti, kalau kata teman saya, jangan sekali-kali kita menggeneralisasi kewajaran. Mungkin bagi mereka yang tinggal di desa A, seperti itu adalah wajar, tapi tidak menutup kemungkinan, kan, kalau di desa B, tindak seperti itu adalah kesalahan fatal? Dunia semakin maju, mosok sistem mendidik masih menggunakan yang seperti dulu?

Jikalau memang alasannya untuk mendidik, tak bisakah guru-guru kita menciptakan sebuah sistem pengajaran tanpa kekerasan? Iya, iya, saya paham betul pendidikan di negeri ini tak semulus di Finlandia, seleksinya juga tak seketat disana, sehingga, beberapa dari pendidik disini menjadi pendidik yang asal-asalan, yang penting hasil gajian bisa bikin perut kenyang. Setidaknya dari kejadian ini, para pendidik bisa sadar bahwa tindak kekerasan sudah tidak lagi relevan untuk beberapa keadaan, dan mereka bisa memutarotak untuk membuat sistem pendidikan terbaik dalam rangka menghasilkan anak-anak yang bahagia, bermanfaat, mandiri, dan bisa merancang masa depan.

Oya, saya pribadi, sih, sebagai anak yang dibesarkan di keluarga demokratis dimana bapak dan ibu saya kerap saya anggap teman, tak pernah setuju dengan cara mendidik menggunakan kekerasan. Kalau kata bapak, “lah, emang kamu masih idup di jaman suharto apa”. Cara mendidik seperti itu, jikalau saya kutip dari perkataan A.S Neill, adalah cara mendidik yang mengembangbiakkan ketakutan pada anak-anak. Anak-anak harus ini, harus itu, tidak boleh ini, tidak boleh itu, adalah salah satu cara untuk mengebiri ekspresi anak-anak. Mereka—bahkan kita—butuh kebebasan. Yang anak-anak, remaja, dan orang dewasa seperti kita butuhkan adalah didengarkan. Diberikan contoh. Disadarkan. Dan disayangi. Berikan mereka penjelasan, bercengkramalah, bicaralah.

Karena, mendidik, sejatinya adalah tugas semua orang. Bukan cuma orang tua, guru, atau bahkan, pihak kepolisian.

Saya dan FTV

Tulisan ini didedikasikan untuk teman-teman yang sering sekali bilang “selera lu rendahan amaaaaaaat, demennya nonton ftv” ketika mereka memergoki saya sedang menonton ftv di kosan, di hotel ketika trip bersama, bahkan di youtube. Iya, selain baca buku sastra indonesia dan memutari Jakarta naik kendaraan umum, hobi saya selanjutnya adalah nonton ftv atau film televisi. Saya ndak yakin kalau hobi saya yang satu ini ditulis di cv untuk melamar kerja nanti, saya bakal diterima oleh perusahaan yang menjadi tujuan saya.

Tingkat kesukaan saya pada ftv ini sudah sampai pada tahap saya merindukan suasana dimana ftv hadir empat kali dalam satu hari. Saya lupa pada tahun berapa, tapi yang pasti sebuah saluran televisi pernah menayangkan ftv pada jam 10 pagi, jam setengah 1 siang, jam tiga sore, dan jam 10 malam dalam satu hari. Wah, saya mendapatkan kebahagiaan ketika itu. Saya juga hafal saluran televisi mana saja yang menayangkan ftv sejak tahun-tahun lalu. Rajawali pernah, perusahaannya Bapak Chairul juga pernah, Global juga. Tapi yang sampai sekarang masih konsisten mempertotonkan ftv setiap hari hanyalah saluran dengan Bapak Eddy Kusnadi sebagai pemilik saham terbesarnya, alias surya citra televisi indonesia.

Saya juga hafal siapa saja pemain-pemain rupawan nan menyegarkan yang kerap muncul di ftv. Sebutlah Ridwan Ghani dan Fauzan Nasrul yang menurut saya menggemaskan, atau Michelle Ziudith, Sharena Rizky, dan sederet muka-muka baru dengan akting yang yaaaaaaaaa bagus kok kalau buat saya yang tempe banget kalau disuruh akting.

Saya memang gak ngerti-ngerti amat masalah rating atau bagaimana sistem dunia pertelevisian di Indonesia ini bekerja. Tapi saya paham kok kalau salah satu tujuan media adalah untuk menghibur masyarakat, dan, saya bagian dari masyarakat itu wong jelas saya sudah punya ktp kok.

Buat beberapa manusia, ftv mungkin adalah tayangan murahan yang ceritanya gitu-gitu doang. Ya, emang sih. Ftv kerap melulu seputar cinta, atau paling mending, persahabatan. Alur ceritanya juga gak begitu berbeda setiap harinya. Si cowo yang orang kaya bertemu cewe miskin lalu mereka jatuh cinta. Bagaimana mereka merepresentasikan orang kaya dan orang miskin ini juga berbeda-beda, biarpun ujung-ujungnya sama. Pejabat dan pelayan lah, supir dan majikan lah, tukang roti dan mahasiswa lah, dan kadang-kadang juga mereka yang sama-sama tukang anu saling jatuh cinta.

Alurnya dibuat sedemikian mudah ditebak dengan akhir yang bahagia. Pemeran utama dan pilihan hatinya bakal bersama dan bikin penonton bilang “lah udah pasti gini nih akhirnya”. Tapi, saya pernah sukak banget sama satu ftv yang menurut saya seru amat judulnya ‘mantan paling kece’. Kalian bisa cari di youtube, dan menurut saya, itu ftv terseru selama beberapa tahun ini saya tontoni ftv sctv.

Saya cuma mau memberikan alasan kepada teman-teman yang sering menganggap saya aneh karena suka nonton begituan bahwasanya percayalah teman-teman, ftv tidak semenjijikkan itu. Buat saya, ftv adalah peregang penat dari hikuk pikuk permasalahan Indonesia. Ftv adalah penghibur terbaik dari berita-berita korupsi dan pemerkosaan, dari sinetron yang bikin bosan, dari gosip selebriti yang menghabiskan uang ratusan juta untuk beli tas bermerek. Untuk saya, ftv adalah apa yang tidak pernah nampak pada realita. Ia menyajikan dunia utopis yang terkadang manusia medioker dambakan. Coba, mahasiswa mana lagi yang gak kelimpungan mikirin tugas selain di ftv? Kalau saya, sih, merasa sungguh bahagia bisa menertawakan beberapa kejanggalan dan ketidakmungkinan yang diperlihatkan ftv.

Ftv juga memberikan pengaminan pada setiap doa-doa manusia mengenai frasa yang sering motivator bilang, ‘kalau anda belum bahagia, berarti anda belum mencapai akhirnya’. Bukankah setiap akhir cerita ftv selalu menimbulkan senyum sungging dan pernyataan cemburu macam “idih, akhirnya kok bahagia melulu. Udah ketebak” bukankah para penggiat ftv ingin mengabulkan permohonan manusia untuk tetap bahagia setelah mendapatkan penderitaan? You got it, people.

Selain itu semua, ftv juga menyajikan drama di setiap ceritanya. Si A suka sama si B dan si C yang dimana sahabat A juga menyukai B. Lalu A dan C bertengkar, lalu satu dari mereka mengalah karena ingin melihat B bahagia bersama pilihannya. Waw, seru sekali. Ftv membuat saya senang ketika drama yang saya buat di kepala bisa mereka visualisasikan. Bukankah hidup ini lebih seru dengan drama? Bukankah kita semua membutuhkannya? Bukankah hidup ini datar kalau semuanya lurus-lurus saja? Ftv memperlihatkan semua itu dengan begitu telanjang dan terkadang, dekat dengan keseharian kita. Ya memang, ftv itu kalau boleh saya bilang ada di sela-sela fiksi dan realita. Ia ada di batas antara. Ia ada di titik-titik yang nampak dan tidak.

Mungkin saya berlebihan, ftv kok dinilai sebegitunya? Ya memang tinggal tonton saja, ftv gak kalah seru kok sama dangdut akademi. Kan, dua-duanya sama-sama penghibur masyarakat yang gak ada kerjaan kaya saya. hehe. Lagipula nih, saya yakin kok, kalau para pembuat ftv ini akan menemukan jalannya untuk menciptakan film-film berkualitas sekelas 500 hundred days of summer. Siapa tau, kan? mungkin ini masih menjadi proses pembelajaran dari masing-masing mereka. Dan tidak ada salahnya menghargai karya orang lain, apalagi karya anak indonesia.

Kan kalau kata bait lagu yang sering saya nyanyikan dulu “indoooonesia, indooonesiaaaaaaaa, aku bangga menjaaaaaaadiiiiiiii anak iiiindoooonesiaaaaaa

Ndasmu bangga.

Eh kan.

Yang abu-abu

IMG_3706

Beberapa hari ini lingkup pergaulan saya hanya seputar mama, adik, dan waria ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Pertemanan saya dengan beberapa waria tersebut memang bermula dari skripsi dengan subjek waria. Sebagai seseorang yang (sok) idealis dan merasa nyemplung di jurusan yang tidak begitu saya minati, pada akhirnya saya masih waras untuk membuat sesuatu yang dimulai dari hati. Saya ndak mau skripsi saya menjadi monumen tanpa semen, maka dari itu saya berusaha sekali mencari subjek yang begitu menguras keingintahuan saya. Tadinya keputusan itu jatuh di dua pilihan, yakni orang sakit jiwa dan waria. Namun, memikirkan kemungkinan bahwa saya belum tentu bisa mengobrol dan berteman jauh dengan opsi pertama, maka jatuhlah saya pada pilihan kedua, waria.

Memilih waria juga merupakan salah satu cara untuk mencapai salah satu cita-cita saya; berteman dengan banyak orang dari banyak kalangan. Saya bahkan ingin sekali berteman dengan mafia kelas kakap, dengan anggota islam ekstremis, dengan pencopet, dengan begal, dengan orang super kaya yang punya sederet kartu debit di dompetnya, dengan siapapun yang berlabelkan ‘baik’ dan ‘buruk’ dari masyarakat. Dan sebelum ini, saya belum pernah berteman dengan waria.

Pertanyaan dan pernyataan sotoy macam ‘gila kali ngapain sih milih waria, mereka kan serem’ atau ‘awas ih nanti diapa-apain loh’ bahkan ‘awas ntar ketularan’ senantiasa merespon saya ketika mereka tahu kalau subjek yang saya teliti adalah waria, sudah gitu odha, pula. Saya paling cuma tersenyum dan mengumpat dalam hati emangnya waria kenapa sih elah.

Pertama kali mengenal dan mewawancarai mereka, respon saya hanya satu; gila!. Perlakuan-perlakuan tai kucing dari masyarakat awam macam diludahin, ditendang, diserempet tanpa sebab adalah makanan sehari-hari mereka. Waria adalah salah satu kaum yang mungkin sudah kebal dengan segala macam diskriminasi. Bahkan ada yang bercerita bahwa temannya yang juga waria pernah digantung hidup-hidup oleh warga, dan tak ada petugas kepolisian yang mau membantunya. Mari sebentar kita dendangkan dulu lagu nasional; hiduplah indonesia rayaaaaa~

Hari-hari selanjutnya saya mencoba untuk ikut mereka nyebur ke lapangan. Saya ikut menemani ke rumah sakit untuk tes VCT dan rontgen segala macam untuk keperluan mereka yang ODHA. Hari berikutnya saya ikut mereka mengamen di lampu merah sekalian rumpi bareng sambil makan gorengan. Yang saya amati, para waria ini mentalnya sungguh luar biasa karena bagaimana tidak, setiap mereka berjalan, semua mata tertuju padanya. Dan begitulah pula kemarin yang saya rasakan ketika bersama-sama dengan mereka seharian, semua orang seolah melihat saya sebagai narapidana. Atau, seolah saya ini artis yang sedang liburan di jalan raya.

‘Dapet lima puluh ribu aja sehari aku mah udah lumayan banget, kalo lagi sepi biasanya 15rebu, yang penting bisa buat makan sehari sama sisanya buat ke rumah sakit nanti’, kata salah satu dari mereka. Di tengah memenuhi kebutuhan primer, mereka juga harus rutin cek ke rumah sakit karena penyakit ganas yang menyerang mereka. ‘tapi aku mah kalo ngeseks tetep aktif dong, tapi ya main aman, gila aja kali stop ngeseks’, katanya sambil tertawa, seolah seks adalah kebutuhan utama yang bisa menggantikan nasi.

Beberapa dari mereka bilang bahwa mereka tidak mau mencari pekerjaan lain selain mengamen karena mengamen itu asyik, mereka senang karena mereka bisa menghibur orang lain, mereka bisa membuat orang lain tertawa. ‘ya sekalian juga cari duit’, tambahnya. Saya langsung teringat buku berjudul Pasung Jiwa karya Mba Okky Madasari, persis sekali diceritakan bahwa mengamen bukan semata mencari uang buat beberapa waria, namun, lebih jauh dari itu, ada kepuasan batin yang mereka dapatkan. Dan saya sudah menemui tipe waria mulia seperti ini, yang juga memikirkan untuk menyenangkan orang lain.

Bercerita panjang lebar dengan mereka tak pernah lepas dari tertawa. Apa yang saya senangi dari mereka adalah, biarpun mereka paham mereka kaum terpinggirkan, biarpun mereka tau hidup mereka bergantung pada obat, biarpun mereka mengerti banyak orang yang tidak menerimanya, mereka tetap tahu bagaimana caranya menikmati hidup.

‘ngapain lah hidup dibawa susah, beberapa taun lagi juga saya mokat’’, sahutnya lagi. Berteman dengan mereka membuat saya paham bahwa tetaplah tertawa di atas bajingannya hidup. Tetaplah bahagia di tengah brengseknya keadaan karena terkadang, penyelamat terbesar adalah diri kita sendiri.

Tuhan ternyata masih sangat baik memberikan kesempatan mengenali beragam ciptaannya. Saya lagi-lagi belajar untuk menaruh kepala saya di sepatu orang lain, karena sebelumnya persepsi saya terhadap waria juga tak semenyenangkan ini.

Kini, saya merasa beruntung sekali memutuskan memilih waria karena toh, perkiraan saya di awal terbukti; memangnya waria kenapa? Justru menurut saya, mereka lebih terbuka dan apa adanya dalam berteman. Mereka juga punya pasangan, punya perasaan, punya ketakutan, dan, punya hak yang harus terus diperjuangkan.

(kalau kalian bertemu waria mengamen di lampu merah manapun, jangan pelit-pelit buat kasih uang, ya)

Mari

Pulanglah!

Akan kuarak senja dan kutanam di matamu

Kita akan mencumbu ilalang dari balik perapian

Lalu bercerita tentang napas yang kekal

Atau tentang monyet-monyet

Anjing rabies

Singa lapar

Dan apapun yang bergelimpangan di ibukota

Pulanglah!

Supaya bisa kuhidu keringatmu

Kuhabisi kulitmu

Lubang hidungmu

Ketiakmu

Dan segala yang menjijikkan bagi manusia

Pulanglah, sayang!

Atau kita akan digerogoti waktu

Dan memungut detik hingga habis aku

Iman

Beberapa hari lalu ketika saya duduk di sebuah bus ke luar kota, saya bersebelahan dengan seorang ibu yang bahkan setelah begitu banyaknya kami mengobrol panjang, saya tak tahu namanya. Dibuka dengan percakapan basa-basi yang begitu umum, kami akhirnya sampai pada topik keagamaan. Ibu itu mengaku beragama kristen dengan aliran advent. Suaminya pendeta, dan ia mengutarakan banyak hal mengenai ajarannya yakni bahwa mereka tidak memakan babi, anjing, ular, darah, bahkan mereka tak merayakan paskah dan natal karena itu semua tak tertuang dalam alkitab. Sampai situ saya cuma manut-manut saja karena saya tidak pernah memahami lebih dalam mengenai ajaran tersebut.

aliran kristen yang lain itu sebenernya keliru, mana ada ibadah minggu, yang ada kan ibadah itu hari sabtu. Wong jelas-jelas tertulis kok di injil, aneh itu mereka”, katanya.

Hingga tiba pada topik mengenai pacar saya yang beragama kristen dengan gereja pentakosta, ia menanggapi “oh pentakosta. Mereka nangis-nangis dan nyanyi-nyanyi mulu itu. Ga paham saya apa yang ditangisin. Lebay”, sahutnya.

Iya, sampai sini juga saya masih iya-iya saja walaupun agak gondok juga mendengar seseorang menilai dan merendahkan kepercayaan orang lain.

Lalu ia membanding-bandingkan advent dengan pentakosta, advent dengan HKBP, advent dengan katolik, sampai pada akhirnya, dengan agama saya sendiri.

ngapain sih kalian nyembah Nabi Muhammad yang jelas-jelas udah mati, udah jadi mayat, kalau kita nih kan menyembah Yesus dan kita percaya kalau dia masih hidup dan nanti akan diturunkan lagi”, katanya.

Ingin rasanya saya jawab “Bu, kita menyembah Allah, bukan Nabi Muhammad. Nabi Muhammad itu kita jadikan suri tauladan karena kita percaya ia adalah nabi terakhir sebagai penyampai wahyu atas kitab penyempurna kitab-kitab sebelumnya”

Tapi, kenyataannya saya lagi-lagi cuma diam. Saya takut pada akhirnya saya akan sama ngototnya dan malah mengajak ibu itu berdebat lalu ujung-ujungnya saya sama tingginya dengan ibu itu. Saya enggan, saya tak mau nantinya saya juga merusak nama islam atas keriyaan saya, tapi, saya sadar kalau ternyata, saya setakut itu karena saya merasa pengetahuan keagamaan saya sungguh-sungguh cetek.

Saya juga tak bisa menjawab ketika ibu itu mengomentari perayaan hari raya qurban di islam. Saya cuma bisa diam. Mungkin seharusnya saat itu saya ceritakan tentang Ibrahim dan Ismail, tapi, entahlah. Saya paham apabila Tuhan adalah rumah, dan ada berbagai macam rute untuk mencapai rumah tersebut, toh tak ada salahnya kan kalau saya menyuarakan bahwa rute saya juga bisa diambil agar bisa sampai ke rumah itu. Ya, kan? Tapi, iya, saya sedang sepayah itu. Saya takut apa yang saya sampaikan bukanlah benar, dan lebih memperburuk keadaan.

Baru kali itu saya merasa malu menjadi islam karena diri saya sendiri. Lalu saya sadar bahwa kerap ketika pacar saya bertanya mengenai sejarah sholat jumat, mengenai Nabi Muhammad, mengenai haji, dan mengenai hal-hal dasar tentang islam sayapun tak bisa menjawab. Iya, saya payah. Selama ini saya sering sok pintar untuk membicarakan filsafat, sastra, dan hal lain yang mungkin belum banyak orang yang paham tapi untuk keimanan saya sendiri, saya tidak paham. Saya malu.

Baru kemarin seseorang memberikan saya sebuah kalimat menusuk yang sederhana, bahwa

iman tanpa pengetahuan adalah kesia-siaan

Dan saya tidak bisa tidak memikirkan kalimat itu. Mungkin kamu bakal menilai bahwa saya kok tolol sekali, bahwa saya kok bisa-bisanya tak tahu mengenai hal dasar tentang islam macam itu, bahwa saya selama ini beriman yang seperti apa?

Tak apa. Saya menuliskan ini supaya menjadi pengingat bahwa beriman bukan hanya tentang percaya, tapi mau memahami dan mendalami apa yang kita imani. Saya tau beriman adalah tentang hati, tapi Yang Kuasa juga memberikan otak untuk menyelaraskan keimanan itu. Dan saya sadar bahwa mulai dari sekarang, islam harus saya pahami lebih dalam.